Home / Teritorial / HINDARI INSIDEN, KODIM 1206/PSB LAKSANAKAN EKG

HINDARI INSIDEN, KODIM 1206/PSB LAKSANAKAN EKG

Putussibau, Minggu 30/05/20 – Dalam rangka mengetahui dan menjaga kesehatan jantung personil Kodim 1206/Putussibau melaksanakan tes EKG sebelum melaksanakan Ujian Kenaikan Pangkat (UKP) di Aula Makodim 1206/Putussibau oleh personil kesehatan Korem 121/Abw.

Elektrokardiogram (EKG) adalah tes sederhana untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung. Tes ini menggunakan mesin pendeteksi impuls listrik yang disebut elektrokardiograf. Elektrokardiograf akan menerjemahkan impuls listrik menjadi grafik yang ditampilkan pada layar pemantau.

Beberapa informasi yang bisa didapatkan dari pemeriksaan EKG adalah:

Denyut jantung. Normal, terlalu lambat, atau terlalu cepat.

Irama jantung. Teratur atau tidak teratur.

Perubahan struktur otot jantung. EKG dapat melihat kemungkinan terdapat pembesaran dari bilik atau dinding jantung.

Suplai oksigen untuk otot jantung. Seseorang dengan suplai oksigen yang kurang dapat dicurigai terkena penyakit jantung koroner atau bahkan sedang mengalami serangan jantung. Biasanya hal ini ditandai oleh nyeri dada.

Dalam kesempatan tersebut Kapten Ckm Ardiansyah selaku ketua tim kesehatan mengatakan, tujuan dilaksanakan tes EKG berkala ialah untuk melihat dan mendeteksi sampai sejauh mana daya tahan tubuh personel Kodim 1206/Psb. Apabila terdapat hal-hal yang mengakibatkan personel tersebut menjadi sakit ataupun ritme jantung tidak normal disarankan agar melaksanakan olahraga dengan berjalan kaki minimal 30 menit/hari.

Komandan Kodim 1206/Putussibau Letkol Inf Basyaruddin, S.S mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut dan berpesan kepada seluruh personel Kodim Putussibau agar melaksanakan olahraga dipagi hari minimal satu jam sebelum melaksankan kegiatan rutin dikantor. Hal ini juga merupakan penekanan Bapak Kasad kepada anggota TNI AD dari tingkat Mabesad sampai tingkat Koramil agar kita semua dapat terhindar dari segala macam penyakit. (Pendim 1206)

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Sosialisasi GERMAS, Program Non Fisik TMMD 108 Kodim 1202/Singkawang.

Bengkayang – GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) juga disosialisasikan dalam rangkaian kegiatan Non Fisik TMMD …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *