Home / Teritorial / Danrem 121/ABW Brigjen TNI Ronny S.A.P Ziarah ke makam Sultan Alkadrie Pontianak.

Danrem 121/ABW Brigjen TNI Ronny S.A.P Ziarah ke makam Sultan Alkadrie Pontianak.

Pontianak- Danrem 121/ABW, Brigjen TNI Ronny, S.A.P berziarah ke makam para Sultan Pontianak di Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Minggu, 28/6/20.

Keberangkatan Danrem 121/ABW dari kediaman menuju Komplek pemakaman pada pukul 08:30 wib didampingi para Kasi Rem 121/ABW, Dandim 1204/Sgu beserta istri, Ketua dari Ormas FPKPM beserta jajarannya,
Dan tiba di komplek makam pada pukul 09:00 wib
Kedatangan Danrem beserta rombongan di sambut secara adat oleh tokoh Melayu setempat.

Brigjen TNI Rony, S.A.P beserta rombongan masuk kedalam untuk berziarah dan menyempatkan berdo’a serta melakukan tabur bunga di makam Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Menurut sejarah, Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada 23 Oktober 1771, berawal dari perjalanan Syarif Abdurrahman Alkadrie membuka lahan di persimpangan sungai Landak, sungai Kapuas kecil dan sungai Kapuas Besar untuk dijadikan tempat kekuasaan Beliau. Berdirinya masjid Jami’ (kini masjid Sultan Syarif Abdurrahman) dan istana Kadariah yg berbeda di kelurahan Dalam Bugis. Kecamatan Pontianak Timur mengukuhkan Syarif Abdurrahman Alkadrie sebagai sultan Pontianak pada tahun 1778.

Seusai berziarah dan memanjatkan do’a, Danrem 121/Abw beserta rombongan meninggalkan makam Sultan Pontianak untuk selanjutnya menuju ke istana Kadriah Pontianak yang berada di Gg. Tanjung Raya No.1, Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Pada pukul 10:30 wib, rombongan Danrem 121/ABW disambut dengan ritual adat Melayu (Tepung Tawar) oleh para Tokoh yang ada di Istana kesultanan Kadriah Pontianak, Kemudian di sambut oleh Sulatan Syarif Machmud Melvin Alkadrie dan para Pangeran beserta Istri.

Danrem 121/ABW merasa senang atas sambutan dari kerjaan Sultan Pontianak.

Sultan Sy, Machmud Melvin Alkadrie yang merupakan Sultan ke 9 memberi sambutan kepada rombongan Danrem 121/ABW, Sultan Pontianak ke 9 merasa bangga dan senang atas kunjungan Danrem 121/abw yang juga merupakan Putra Kalbar dari Ketapang yang telah menyempatkan waktu untuk mengunjungi Istana Kesultanan Pontianak. Beliau mengatakan di sinilah cikal bakal kota Pontianak dilahirkan, meski usia kerajaan ini lebih muda dari kerajaan” lain namun istana ini masih kokoh berdiri dari dulu hingga sekarang. Sultan Pontianak berharap semoga Istana ini selalu di berikan hidayah oleh Allah SWT. Ujar nya.

Masih pada kesempatan yang sama, Danrem 121/ABW juga perkenankan untuk memberikan sambutan. selaku Danrem 121/ABW beserta rombongan yang hadir saat ini. Kami merasa sangat bangga dan senang dengan sambutan oleh Sultan dan para tokoh kerajaan serta Tokoh-tokoh adat setempat. bahkan Danrem 121/ABW juga menyebutkan bahwa dirinya juga masih memiliki kekerabatan dan keturunan dari Raja Tanjungpura yang ada di Ketapang. Kata beliau

Dalam acara ini Brigjen TNI Rony, S.A.P selaku Danrem 121/ABW mendapat penghargaan berupa piagam dari kerjaan Pontianak yang langsung di serahkan oleh Sultan Sy, Machmud Alkadrie selaku sultan yang ke (9), beliau sangat berterima kasih kepada Danrem 121/ABW beserta rombongan yang telah menyempatkan waktu nya berkunjung di istana ini, beliau pun memimpin do’a langsung untuk mengenang para arwah Pahlawan dan para tokoh-tokoh kerajaan yang telah gugur akibat peperangan melawan penjajah

Setalah itu Sultan Sy, Machmud Alkadrie mempersilahkan Danrem 121/ABW beserta rombongan untuk menikmati hidangan yang telah di siapkan oleh pihak Istana serta Shalat Dzuhur berjama’ah di Istana kesultanan Kadriah Pontianak bersama rombongan. Dilanjutkan foto bersama dengan keluarga besar kesultanan Kadriah.
(Penrem 121/Abw)

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

SATGAS TMMD KE-108 AKAN TERANGI DESA BERINGIN RAYO DENGAN 9 UNIT PJU SOLAR CELL

Ketapang, Sabtu (4/7/20)- Salah satu sasaran fisik TMMD Reguler Ke-108 TA.2020 Kodim 1203/Ketapang adalah pembangunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *