Home / Berita Komando / Danrem 121/ABW Jadi Narasumber Seminar Bela Negara Dalam PKKMB Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan.

Danrem 121/ABW Jadi Narasumber Seminar Bela Negara Dalam PKKMB Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan.

Seminar Bela Negara ini dilakukan salah satu program kampus Untan bagi mahasiswa baru. Dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Salah satu narasumbernya adalah Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny,S.A.P, dengan Materi Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Kesadaran Bela Negara bertempat di ruang Prof. Syamsudin Djahmat FEB Untan dan via zoom metting pada Jum’at, 11/9/2020.
Sebelum memasuki gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan Danrem 121/Abw disambut tarian khas daerah.
Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, S.A.P menyampaikan Bela Negara bisa dilakukan oleh siapapun. Baik oleh komponen utama seperti TNI atau melalui profesi seperti dosen dan mahasiswa. Dalam sistem pertahanan rakyat semesta (Permesta) profesi akan berguna apabila melaksanakan pertahanan serangan dari luar.
Syarat bela negara diatur lebih detail dalam undang-undang nomor 3 tahun 2002. Sehingga bela negara tidak hanya untuk wajib militer tetapi rasa nasionalisme yang tinggi, kecintaan terhadap tanah air dan keyakinan yang tinggi kepada negara itu merupakan bela negara,” ungkapnya
Keyakinan yang tinggi itu dengan kepercayaan apabila ideologi Pancasila bukan lagi menjadi ideologi bangsa kita, maka bangsa kita akan mengalami penderitaan dan tidak akan maju.
Ia menambahkan terkait bela negara tidak pernah terlepas dari sistem pertahanan semesta. Konsep semesta terbukti bisa mengusir penjajah dari Indonesia. Karena seluruh komponen masyarakat mengikuti bukan hanya militer,” jelasnya
Kontribusi kita sebagai warga negara Indonesia dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara dengan cara tetap patuh dan memegang teguh ideologi Pancasila.
Pancasila merupakan jiwa bangsa sehingga jika manusia jiwanya sudah tercabut hanya tinggal raga. Bangsa Indonesia juga seperti demikian jika ideologi Pancasila sebagai jiwa dicabut maka hanya tinggal nama.
Jadikan nilai-nilai Pancasila sebagai pelita yang bisa menerangi kita,” pungkasnya.
Setelah acara selesai Danrem 121/Abw dan panita penyelenggara saling bertukar cinderamata. Danrem 121/Abw memberikan cinderamata patung Komando, piagam dan plakat sebagai bentuk apresiasi kepada panitia penyelenggara.
(Penrem 121/Abw)

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Dankodiklatad Apresiasi Sinergi Kodim 1201/Mph dan Pemkab Membangun Kabupaten Mempawah

MEMPAWAH : Kehadiran Para Jendral di Kabupaten Mempawah, Sabtu (19/09/20), pukul 20.00 wib, malam, membawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *