Home / Berita Komando / Danrem 121/Abw Sampaikan Perintah Oprasi Perisai Khatulistiwa-20

Danrem 121/Abw Sampaikan Perintah Oprasi Perisai Khatulistiwa-20

Pontianak, Danrem 121Abw Brigjen TNI Ronny, S.A.P. menyampaikan Perintah Operasi penugasan pengamanan perbatasan darat Indonesia-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat khusus sektor Timur. Sabtu, 12/9/2020
Ia mengingatkan kepada Dansatgas Yonif 407/PK sebelum menuju pos Pamtas untuk melakukan cek personil maupun materil serta perlengkapan yang menjadi tanggung jawab bersama.
Perhatikan faktor keamanan dalam melaksanakan pergeseran pasukan, utamakan keamanan,” pinta Danrem
Dalam kegiatan ini Kasi Intel menyampaikan perkembangan situasi daerah operasi terkait fungsi dan tanggung jawab yang akan di laksanakan disektor Timur yaitu masalah luas wilayah dan juga jumlah penduduk serta hal hal yang menonjol. Hal ini penting untuk diketahui oleh anggota Satgas perbatasan sebelum memasuki kedudukannya. Termasuk dengan masalah perekonomian, kerawanan kebakaran hutan dan lahan.
Terkait pasukan kawan dan susunan tugas Satgas Pamtas, Pasukan kawan telah di sampaikan oleh Kasiops Korem 121/Abw Kolonel Asep Achmad Hidayat untuk diketahui oleh anggota Satgas Pamtas yang baru.
Sebagai gambaran bahwa komando atas ada koopsdam XII/Tanjungpura dengan kekuatan melaksanakan operasi Pamtas darat Indonesia-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. Selain itu Satgas Koopsdam juga melaksanakan giat pendidikan, pengamanan, serta mencari informasi tentang gangguan stabilitas keamanan khususnya yang terjadi pada wilayah perbatasan.
Termasuk terhadap upaya pelanggaran dan kegiatan ilegal lainnya di perbatasan Indonesia-Malaysia baik di sektor Timur maupun Barat.
Dan juga Satgas Laut Lantamal XII Pontianak yang pengamanan terhadap kemungkinan pelanggaran wilayah perairan nasional dan mengamankan perbatasan di wilayah Kalimantan Barat. Kemudian ada juga Satgasud Lanud Supadio yang tugasnya mendukung pelaksanaan operasi udara guna menegakkan kedaulatan hukum nasional di wilayah yurisdiksi udara Kalbar.
Polda Kalbar berserta jajaran melaksanakan operasi rutin dan operasi khusus Polri dalam rangka memelihara dan memantapkan kamtibmas di wilayah Kalimantan Barat. Termasuk pada kawasan perbatasan yang dilakukan oleh Polres yang berada berbatasan darat dengan Malaysia.
Pemerintah Provinsi Kalbar, beserta lima Pemerintah Kabupaten Sambas, Bengkayang dan Sanggau di sektor Barat, Kebupaten Sintang dan Kapuas Hulu di sektor Timur melaksanakan pembinaan dan pembangunan masyarakat Kalbar dalam rangka meningkatkan kesejahteraan.
Hal ini disampaikan agar Satgas Pamtas mengetahui situasi di lapangan sehingga nantinya dapat melaksanakan tugas dengan baik.
(Penrem 121/Abw)

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Dankodiklatad Apresiasi Sinergi Kodim 1201/Mph dan Pemkab Membangun Kabupaten Mempawah

MEMPAWAH : Kehadiran Para Jendral di Kabupaten Mempawah, Sabtu (19/09/20), pukul 20.00 wib, malam, membawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *