Home / Persit / LESTARIKA KARYA SENI DAN BUDAYA BANGSA INDONESIA KETUA PERSIT KCK KOORCAB REM 121 PD XII TANJUNGPURA KUNJUNGI PENGRAJIN KAIN TENUN

LESTARIKA KARYA SENI DAN BUDAYA BANGSA INDONESIA KETUA PERSIT KCK KOORCAB REM 121 PD XII TANJUNGPURA KUNJUNGI PENGRAJIN KAIN TENUN

Sintang, Ketua Persit KCK Korcab Korem 121 PD XII Tanjungpura Ibu Rissa Ronny berkunjung ke pengrajin Kain tenun, tepatnya di Desa Gembara Raya, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Rabu,(06/1/2021).
Kunjungan Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura Ibu Rissa Ronny kali ini untuk mengenalkan karya seni yang ada di Kalimantan Barat serta melestarikan budaya karya seni asli Kalimantan Barat ini agar tidak di klaim oleh negara luar.
Dalam percakapannya Ketua pengrajin kain tenun desa Gembara Raya Ibu Rupina mengatakan, pihaknya gembira dengan kehadiran ibu-ibu Persit ke desa Gembara Raya karena dapat mengajarkan cara membuat tenun ini ke ibu Persit KCK Koorcab Rem 121. Dia juga berharap, tenun ini dapat dikembangkan motif yang menarik dengan pewarna alami.
Ditambahkan juga ibu Rupina mengatakan, pembuatan satu Kain dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 3 sampai 6 bulan. Lama waktu penyelesaian tergantung ukuran dan motif kain tenun yang dipesan. Bahan-bahan untuk tenun seperti benang, para perajin biasa membuat sendiri menggunakan kapas yang sudah dipintal menjadi benang”, ungkap Ibu Rupina.
Ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura Ibu Rissa Ronny mengatakan, ” Saya berharap semoga karya seni dan budaya di Indonesia bisa terus dilestarikan agar kelak anak cucu kita masih bisa menikmatinya dan supaya karya seni dan budaya bangsa Indonesia tidak di klaim oleh orang asing,”Harap Ibu Rissa Ronny.
Tampak hadir, wakil ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 Ny. Aloysius, ketua Persit KCK Cab 49 Dim 1205/Stg Ny. Retno, Ketua Persit KCK Cab Yonif 642 Ny. Minggar, serta para pengurus Persit.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

KETUA PERSIT KCK KOORCAB REM 121 PD XII TANJUNGPURA PANEN MADU DI ALAM

Kapuas Hulu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 121 PD XII Tanjungpura Ibu Rissa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *