Home / Sejarah

Sejarah

SEJARAH SINGKAT KOREM 121/ALAMBHANA WANAWWAI

 

KOREM 121/ALAMBHANA WANAWWAI SEBAGAI BAGIAN DARI ORGANISASI TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DARI SEJARAH PERJUANGAN RAKYAT KALIMANTAN BARAT, KHUSUSNYA PADA PERIODE REVOLUSI FISIK. OLEH KARENA ITU KEBERADAAN KOREM 121/ALAMBHANA WANAWWAI DALAM PERSPEKTIF HISTORIS BERKAITAN ERAT DENGAN PERJUANGAN RAKYAT KALIMANTAN BARAT.

KOREM 121/ALAMBHANA WANAWWAI ADALAH SALAH SATU KOMANDO KEWILAYAHAN DIJAJARAN KODAM VI/TANJUNGPURA PADA SAAT ITU UNTUK KALIMANTAN BARAT YANG TERBENTUK DARI BERBAGAI ORGANISASI PERJUANGAN RAKYAT KALIMANTAN BARAT. PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA TANGGAL 17 AGUSTUS 1945 DIJADIKAN MOMENTUM BAGI PARA PEJUANG KALIMANTAN BARAT UNTUK MEMBENTUK WADAH PERJUANGAN YANG DINAMAKAN PPRI (PEMUDA PENYONGSONG  REPUBLIK   INDONESIA)    YANG     MELIPUTI    BADAN    PERJUANGAN SEPERTI :

  1. IKATAN PEJUANG KALIMANTAN BARAT.
  2. PERSATUAN BANGSA INDONESIA SAMBAS.
  3. ALRI DIVISI VI KETAPANG.
  4. PERSINDO KETAPANG.
  5. BADAN PEMBERONTAKAN INDONESIA.
  6. BARISAN KUNCI WAJA.
  7. BADAN ORGANISASI PEMBERONTAKAN MERAH PUTIH.
  8. TENTARA MANDAU TELABANG.

SELURUH KEKUATAN BADAN PERJUANGAN TERSEBUT MERUPAKAN PERINTIS KEKUATAN TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT YANG PERTAMA DI KALIMANTAN BARAT DAN KEMUDIAN DIBENTUK ORGANISASI YANG MEWADAHI, YAITU DENGAN  DIRESMIKAN KOMANDO TERRITORIUM KALIMANTAN PADA TANGGAL 2 FEBRUARI 1950 DENGAN PANGLIMANYA LETKOL SUKANDA BRATA MENGGALA. UNTUK WILAYAH KALIMANTAN BARAT DIBENTUK SUB TERRITORIUM 1/KALBAR BERKEDUDUKAN DI PONTIANAK, DIPIMPIN OLEH MAYOR FIRMANSYAH, KEMUDIAN BERUBAH MENJADI BRIGADE ”A”  SUB TERRITORIUM 1/KALBAR DIKOMANDANI LETKOL Dr.SAMBIYONO DAN SELANJUTNYA DIUBAH MENJADI BRIGADE ”G” TERRITORIUM  VI/KALIMANTAN  DIPIMPIN  OLEH  LETKOL   A. GANI  YANG   KEMUDIAN DI UBAH LAGI MENJADI KOMANDO TENTARA DAN TERRITORIUM VI/TANJUNGPURA.

BERDASARKAN SURAT KEPUTUSAN PANGLIMA TENTARA DAN TERRITORIUM VI/TPR NOMOR : G/49/TTK/52 TANGGAL 1 SEPTEMBER 1952, BRIGADE ”G” DIUBAH MENJADI RESIMEN INFANTERI ”20” TENTARA DAN TERRITORIUM VI/TANJUNGPURA DENGAN WILAYAH TANGGUNG JAWAB KALIMANTAN BARAT, SEBAGAI PEMIMPIN PERTAMA LETKOL INF  MARYADI, LALU DIGANTI MAYOR INF SOEHARTO, LETKOL INF WASHINGTON SIAHAAN DAN TERAKHIR DIJABAT OLEH  LETKOL INF SOEHARTO.

PADA TANGGAL 17 JULI 1958, RESIMEN INFANTERI 20 TENTARA DAN TERRITORIUM  VI/TANJUNGPURA DITINGKAT KAN   MENJADI   KOMANDO   DAERAH    MILITER   KALIMANTAN BARAT YANG DIPIMPIN OLEH PANGLIMA PERTAMA LETKOL INF SOEHARTO.  PADA TANGGAL 18 FEBRUARI 1960,  KODAM KALIMANTAN BARAT DIRUBAH NAMANYA MENJADI KODAM XII/ TANJUNGPURA,  DENGAN MEMBAWAHI 2 KOREM YAITU :        KOREM 121/ALAMBHANA WANAWWAI BERKEDUDUKAN  DISINTANG DAN    KOREM 122/ SETIA NEGARA BERKEDUDUKAN DISINGKAWANG.

DALAM RANGKA REORGANISASI DI TUBUH TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT, MAKA PADA TANGGAL 29 DESEMBER 1984 KODAM-KODAM DIWILAYAH KALIMANTAN YAITU: KODAM IX/MULAWARMAN DI KALIMANTAN TIMUR, KODAM X/LAMBUNG MANGKURAT DI KALIMANTAN SELATAN,  KODAM XI/TAMBUN BUNGAI DI KALIMANTAN TENGAH DAN KODAM XII/ TANJUNGPURA DI KALIMANTAN BARAT DILIKUIDASI MENJADI SATU KODAM DENGAN NAMA KODAM VI/TANJUNGPURA YANG BERKEDUDUKAN DI BALIKPAPAN.

REORGANISASI DI TUBUH TENTARA NASIONAL INDONESIA ANGKATAN DARAT TERUS BERGULIR DENGAN DIBENTUKNYA KEMBALI KODAM XII/TANJUNGPURA YANG MEMBAWAHI KOREM 121/ALAMBHANA WANAWWAI  DAN KOREM 102/PANJUNG PANJUNG SERTA PERUBAHAN NAMA KODAM VI/TANJUNGPURA MENJADI KODAM VI/ MULAWARMAN YANG MEMBAWAHI KOREM  091 / AJI SURYA NATA KUSUMA DAN KOREM 102/ ANTASARI.

SEIRING DENGAN DIBENTUKNYA KODAM XII/TANJUNGPURA YANG BERMARKAS DIBEKAS KANTOR KOREM 121/ ALAMBHANA WANAWWAI  PONTIANAK, MAKA KOREM 121/ ALAMBHANA WANAWWAI  DIPINDAHKAN DARI PONTIANAK MENUJU SINTANG DENGAN MENEMPATI KANTOR KODIM 1205/SINTANG DI JALAN PANGERAN KUNING SINTANG, SEDANGKAN KODIM 1205/SINTANG BERGESER MENEMPATI KANTOR KORAMIL 1205-07/ SINTANG DI JALAN SATRIA SINTANG.

PENUGASAN OPERASI YANG PERNAH DILAKUKAN OLEH KOREM 121/ ALAMBHANA WANAWWAI  MELIPUTI  :

A. PENUGASAN OPERASI TEMPUR DAN OPERASI PENGAMANAN WILAYAH ANTARA LAIN :

  1. OPERASI PENUMPASAN GEROMBOLAN DI/TII.
  2. OPERASI PENUMPASAN PEMBRON TAKAN PRRI/PERMESTA.
  3. OPERASI PEMBEBASAN IRIAN BARAT/TRI KORA.
  4. OPERASI PERTAHANAN DAERAH KALBAR DALAM PERIODE DWI KORA TAHUN 1963 / 1965.
  5. OPERASI PENUMPASAN PEMBRONTA KAN G 30/S PKI.
  6. OPERASI SAPU BERSIH I, II DAN III PENUMPASAN GEROMBOLAN GPRS/ PARAKU.
  7. OPERASI PEMBERSIHAN SISA GROMBO LAN PGRS/PARAKU.
  8. OPERASI PEMBERSIHAN DAN PEMULIHAN KEAMANAN DAERAH KALBAR SEJAK TAHUN 1973.
  9. OPERASI PENGAMANAN PERBATASAN KALBAR-SERAWAK.
  10. OPERASI PENGAMANAN PERBATASAN NTT TIMOR –TIMUR.
  11. OPERASI PENGAMANAN DAERAH RAWAN ACEH.
  12. OPERASI PENGAMANAN KONFLIK HERIZONTAL DI MALUKU.

B. PENUGASAN OPERASI TERITORIAL ANTARA LAIN :

  1. OPERASI TERITORIAL DI IRIAN JAYA DAN TIMOR-TIMUR.
  2. OPERASI TNI MANUNGAL MEMBANGUN DESA.
  3. OPERASI TNI MANUNGGAL SOSIAL SEJAHTERA.
  4. OPERASI TNI MANUNGGAL KB KES.
  5. OPERASI TNI MANUNGGAL TRANS MIGRASI.
  6. OPERASI TNI MANUNGGAL BERSKALA BESAR.
  7. OPERASI TNI MANUNGGAL BUTA AKSARA
  8. OPERASI TNI MANUNGGAL PERTANIAN.
  9. OPERASI TNI MANUNGGAL REBOISASI.