Home / Teritorial / Tanamkan Nilai Pancasila, Kodim Sintang Berikan Wasbang ke Pelajar

Tanamkan Nilai Pancasila, Kodim Sintang Berikan Wasbang ke Pelajar

Sintang – Dalam rangka menanamkan nilai nilai Pancasila serta jiwa Patriotisme kepada para pelajar, Kodim 1205/Sintang menyelenggarakan wawasan kebangsaan di SMK Muhammadiyah Sintang, Jl. Akcaya 2 Sintang, Rabu (4/12/19).

Adapun tema yang diusung yakni “Melalui pembinaan wawasan kebangsaan, Kodim Sintang siap membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke -bhinekatunggal ika-an dalam menjaga keutuhan NKRI”.

Beberapa materi yang diberikan antara lain adalah Nilai – nilai Pancasila yang disampaikan oleh Serka Otnil Simanjuntak, Kepramukaan oleh Serka Sajidin Agus serta praktek PBB oleh Kopda Hendrik Kopda Riyan.

Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Rachmat Basuki mengharapkan kedepan generasi muda yang berprestasi dan menjadi bintang masa depan dapat lahir dari Kabupaten Sintang yang berjiwa patriot dan semangat mengisi kemerdekaan dengan karya nyata.

“Generasi muda harus mampu menjadi yang terbaik dan berprestasi untuk masa depan yang lebih cemerlang,” ujar Dandim.

Pelajar sebagai generasi penerus bangsa selalu menjadi sasaran paham kapitalis, komunis, pornografi dan Narkoba yang bertentangan dengan nilai nilai Pancasila. Banyak paham yang bertujuan mencuci otak generasi muda melalui gaya hidup modern dan berusaha mencabut pribadi para pemuda dari budaya dan kepribadian bangsa,” ujar Serka Otnil pada saat penyampaian materi.

Lebih lanjut ia mengatakan para Pemuda selalu menjaga persatuan dan menyebarkan perasaan saling menyanyangi antar anak bangsa guna membangun spirit kebangsaan menuju Indonesia yang maju dan makmur sesuai dengan cita cita luhur para pejuang.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Sintang, Bapak Asep Muslim mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1205/Sintang yang telah menyelenggarakan kegiatan Wasbang dan berharap siswa mengerti dan memahami yang disampaikan oleh nara sumber dan mampu mengimplementasikan dalam upaya mengisi Kemerdekaan dengan Prestasi dan tertanam jiwa patriotisme. “Terima kasih pak Dandim, semoga Wasbang ini bermanfaat untuk anak didik kami untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tutupnya.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Babinsa Nibung Dampingi Intervensi Pendampingan Kesling Desa Binaan

Sambas – Babinsa Koramil 08/Paloh Kodim 1208/Sambas Serda Naziri, dampingi kegiatan Intervensi Kesehatan Lingkungan Pemicuan …

Leave a Reply