Home / Teritorial / Dandim 1201/Mempawah: Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk membangun Sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksana

Dandim 1201/Mempawah: Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk membangun Sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksana

Komandan Kodim 1201/Mph, Letko.Inf Mahmuddin Abdillah, melakukan Apel Gelar Pasukan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Mempawah dalam rangka Siaga Darurat Bencana Alam di Halaman Kantor Bupati Mempawah, jalan Daeng manambon, kelurahan tengah, kecamatan Mempawah hilir, kabupaten Mempawah. Kegiatan ini dihadiri oleh para Forkompinda Kabupaten Mempawah, Jumat (19/12/19).


Komandan Kodim 1201/Mph Letkol Inf Mahmuddin Abdillah, sebagai inspektur upacara Apel Gelar Pasukan menyampaikan, “Upacara ini digelar sebagai bentuk upaya penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 1201/Mph. kegiatan ini harus dilakukan secara terpadu, terkoordinasi dan terencana, baik dengan pemerintah daerah maupun dengan masyarakat sehingga terbangun kesamaan langkah dan penanganan dalam penanggulangan bencana alam yang terjadi.”

Dandim melanjutkan, Apel Gelar Pasukan ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan pasukan yang sudah diorganisir untuk menghadapi berbagai macam perkembangan situasi seperti, bencana banjir, bencana tanah longsor dan bencana angin puting beliung yang sering terjadi di kabupaten mempawah diakhir tahun bertepatan dengan datangnya musim hujan.


Seperti yang diketahui wilayah yang rawan terjadi bencana alam melalui data yang diterima dari Koramil berupa laporan pemantauan tahun 2018 dan ditambah laporan tahun 2019 sekarang ini, bahwa bencana alam banjir sering terjadi di Kecamatan Sungai Kunyit, Kecamatan Mempawah Hilir, Kecamatan Mempawah Timur, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kecamatan Segedong dan Kecamatan Jungkat. Untuk bencana alam tanah longsor biasa terjadi di Kecamatan sungai pinyuh dan Kecamatan Sadaniang. sedangkan bencana alam angin Puting Beliung biasa terjadi di Kecamatan Mempawah Timur dan Kecamatan Sungai Pinyuh serta kecamatan Jungkat.


“Besar harapan kita bersama dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini bertujuan untuk membangun Sinergitas dan mengkonsolidasikan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam di wilayah Kodim 1201/Mph. agar dalam pelaksanaannya dapat mempermudah evakuasi korban ataupun bantuan kemanusiaan lainnya dalam satu komando. “Ungkapnya


Lebih jauh Letkol Inf Mahmudin menambahkan “Dengan diadakannya kegiatan gelar pasukan ini, diharapkan satuan pelaksana penanggulangan bencana alam Kodim 1201/Mph maupun satuan penanggulangan bencana yang lain baik dari TNI-Polri, Pemda dan organisasi peduli bencana lainnya, akan mampu bergerak cepat, tepat dan efisien jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah kabupaten Mempawah.”tegasnya.


Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, Komandan Kodim 1201/Mph Letkol.Inf. Mahmuddin Abdillah dan unsur dari Polri serta Pemerintah daerah melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan dan peralatan tanggap bencana alam 2019 di Kabupaten Mempawah.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Koramil Menyuke dan Satgas Covid-19 Tegakkan Disiplin Prokes Pengunjung Tempat Usaha

Landak – Koramil 1201-10/Menyuke bersama Satgas Covid-19 setempat melakukan penegakan protokol kesehatan (Prokes) di sejumlah …

Leave a Reply