Home / Teritorial / Dandim 1202/Skw menghadiri acara GMC (Gerhana Matahari Cincin) Di kota singkawang

Dandim 1202/Skw menghadiri acara GMC (Gerhana Matahari Cincin) Di kota singkawang

Singkawang-Komandan Kodim Singkawang, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan S.sos menghadiri acara fenomena alam yg terjadi selama 3 tahun pada tempat berbeda di seluruh dunia dan atau selama 300 tahun sekali Gerhana Matahari Cincin terjadi pada tempat yang sama. Kegiatan ini berlangsung di Mess Daerah kota Singkawang, Kamis (26/12/19)
Dan di dampingi oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi H, Ibu Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie membuka secara resmi kegiatan atraksi budaya terkait Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Halaman Mess Daerah Kota Singkawang di Jalan Merdeka.

Hadir di dalam kegiatan tersebut diantaranya Sekretaris Utama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) RI, Prof DR Erna Sri Adiningsih, M.Si, Kapolda Kalbar Irjend Pol Didi Haryono, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalbar, Drs H Ridwansyah, M.Si, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Peserta perwakilan dari TNI dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Singkawang, Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terlihat Matahari tertutup oleh Bulan yang ukurannya lebih kecil secara sempurna.
Pada potret yang dipublikasikan BMKG, terlihat bundaran hitam dikelilingi dengan cahaya keemasan karena bulatan Matahari tertutupi oleh Bulan, dan hanya menyisakan garis lingkaran tipis menyerupai cincin di sekeliling Matahari.

“Kita sama-sama menyaksikan gerhana matahari cincin, Pemkot Kota Singkawang mengemasnya sehingga membuat event di Kota Singkawang bisa dikenal kepada dunia,” ujar Dandim.
Dandim juga mengatakan adanya Gerhana Matahari Cincin (GMC) menjadi edukasi sains antariksa kepada anak-anak dan masyarakat pada umumnya bagaimana proses fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang berlangsung bisa selama 3 tahun atau 300 tahun sekali dengan durasi kurang lebih selama 3 menit dalam pembentukan cincinnya. Pungkasnya

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Koramil Menyuke dan Satgas Covid-19 Tegakkan Disiplin Prokes Pengunjung Tempat Usaha

Landak – Koramil 1201-10/Menyuke bersama Satgas Covid-19 setempat melakukan penegakan protokol kesehatan (Prokes) di sejumlah …

Leave a Reply