Setelah di Sintang Giliran Melawi Menerima Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru

Redaksi Korem 121/abw

Melawi – Bertempat di Convention Hall Kantor Bupati Melawi, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa oleh Kolonel Inf Basuki Ahmad yang merupakan Pasahli Pangdam XII/Tpr Bidang Sosbud pada Jumat pagi (14/02/20).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Melawi, unsur Forkopimda, para Kadis, Ka BPBD, Manggala Agni, Akademisi dan juga dari pelaku usaha di wilayah Kabupaten Melawi.

Dalam penyampaian materi, Kolonel Inf Basuki Ahmad menjelaskan beberapa startegi pencegahan Karhutla diantaranya adalah mengintensifkan upaya pengendalian karhutla dan memperkuat aksi pencegahan di tingkat Tapak, melibatkan BPPT, Kemendes maupun Kementan serta mengembangkan penerapan teknologi Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) dan Mekanisasi pertanian.

“Meskipun di wilayah Kabupaten Melawi hanya ada 1 wilayah yang berpotensi terjadinya Karhutla yakni di desa Batu Nanta kecamatan Belimbing , namun kita harus tetap waspada dalam menyikapi terjadinya Karhutla, Jelasnya.

Setelah kegiatan Sosialisasi dilanjutkan dengan praktek pembuatan Cuka Kayu oleh anggota Manggala Agni Sintang. Dengan bahan dari tong besi yang sudah dirakit dan menggunakan bahan sisa – sisa kayu bekas bisa diperoleh Cuka yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Bapak Anwar, salah satu anggota Manggala Agni menjelaskan dalam pembuatan Cuka Kayu ini memerlukan waktu kurang lebih 6 sampai 7 jam pembakaran dan menghasilkan sekitar 5 liter air Cuka hasil penyulingan, jelasnya.

Also Read

Tags

Tinggalkan komentar