Kodim 1201/Mph Laksanakan Tes Garjas UKP dan Periodik (2020)

Redaksi Korem 121/abw

Pelaksanaan Kesegaran Jasmani (Garjas) merupakan suatu hal yang wajib dilaksanakan oleh prajurit dalam rangka untuk mendapatkan kesejahteraan berupa kenaikan pangkat lebih tinggi satu tingkat dari pangkat semula.

“Nilai Garjas yang diperoleh setiap prajurit sangat menentukan kelayakan dalam pengajuan kenaikan pangkat, karena ada batas minimum nilai yang sudah menjadi aturan dan disesuaikan dengan kategori umur,” ujar Kasi Postur XII/Tpr Mayor Inf Hermanto. Mempawah Senin (8/6/2020).

Sebelum melakukan kegiatan diadakan pengecekan awal kesehatan dari Denkesyah Sintang Pelaksanaan Tes Garjas Uji Kenaikan Pangkat (UKP) kali ini meliputi Tes Kesegaran “A” yaitu melaksanakan lari dengan waktu 12 menit dan Tes Kesegaran “B” meliputi gerakan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Longhes durasi waktu satu menit serta Shuttle Run.

Selain itu juga dilaksanakan tes ketangkasan berupa renang gaya dada jarak 50 meter. “Jika tidak memenuhi standar nilai yaitu 51, maka personel tidak bisa diajukan dan harus menunggu satu periode kedepan untuk diajukan lagi UKP-nya,” terangnya.

Adapun yang mengikuti (UKP) untuk jajaran Kodim Mempawah (Perwira, Bintara dan Tamtama)
berjumlah 170 orang dan di pusatkan di GOR Opu Daeng Manambon Jln. pangsuma Desa Antibar Kec. Mempawah Timur, Kab Mempawah dan renang di Tirta Nadi.

Di tempat terpisah Dandim 1201/Mph Letkol Inf Mahmuddin Abdillah meminta kepada penyelenggara agar mengedepankan faktor keamanan dan keselamatan anggota.
“Pengajuan UKP ini sebagai bentuk perhatian dan penghargaan kepada para personel yang memenuhi persyaratan untuk diajukan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya,” jelasnya

Also Read

Tags

Tinggalkan komentar