Home / Teritorial / Antisipasi Karhutla, Kodim 1201 Petakan Titik Rawan Kebakaran

Antisipasi Karhutla, Kodim 1201 Petakan Titik Rawan Kebakaran

Mempawah – Kendati curah hujan masih tinggi di sejumlah wilayah, namun Koramil Mempawah Hilir sudah melakukan langkah-langkah untuk mencegah kebakaran hutan lahan (karhutla) di musim kemarau.
“Hari ini kita berpatroli dan melakukan pemetaan titik rawan karhutla. Warga yang tinggal di sekitar titik rawan karhutla itu, kami beri edukasi dan sosialisasi tentang larangan membuka lahan dengan cara di bakar,” ucap Danramil Mempawah Hilir, Kapten Inf. Mino, Senin (11/1/2021).
Dikatakan, pemetaan titik rawan karhutla harus dilakukan dari sekarang agar bila terjadi kebakaran hutan maupun lahan bisa diambil penanganan segera. Apalagi, dari pemetaan yang dilakukan sebagian titik rawan kebakaran itu tidak bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat.
“Di beberapa titik yang kami pantau hari ini, ada beberapa tempat yang tidak bisa kita jangkau dengan mobil, motor juga sulit. Jadi memang harus jalan kaki melewati hutan dan rawa,” ujarnya.
Terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi rawan karhutla, kata Mino, diberikan edukasi dan sosialisasi tentang larangan membuka lahan dengan cara di bakar.
“Karena bahayanya sudah jelas, membuka lahan dengan cara dibakar menimbulkan kabut asap yang berdampak pada kesehatan dan akan mendapatkan sanksi yaitu denda uang serta bisa dipenjara,” sambung dia.
Sementara itu, Dandim 1201 Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto menyampaikan jajarannya di Kabupaten Mempawah dan Landak memang tengah fokus melakukan pencegahan dan antisipasi karhutla sejak awal. Pasalnya, karhutla berpotensi terjadi setiap musim kemarau.
“Jajaran kami sudah mengedukasi, sudah mensosialisalikan sejak awal, jadi ketika kemarau, masyarakat bisa bersama kami ambil peran untuk mencegah karhutla,” pungkas Dandim.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Susuri kota Ale-Ale, Team Mobile Kodim 1203/Ktp, Selalu Berpatroli Bagikan Masker.

Ketapang – Kali ini Team Mobile Kodim 1203/Ktp berbagi masker dibeberapa tempat strategis seputaran kota …

Leave a Reply