Home / Teritorial / Sigap, Cepat PRCPB Koramil Matan Hilir Utara bersama Stakeholder Lainya Atasi Karhutla.

Sigap, Cepat PRCPB Koramil Matan Hilir Utara bersama Stakeholder Lainya Atasi Karhutla.

Ketapang – Sigap, Cepat PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) Koramil 1203-12/Mhu bersama Stakeholder lainya kembali beraksi melakukan pemadaman api di wilayah binaanya, Jumat (19/2/2021).
Berawal dari laporan dari Babinsa Tempurukan Kopka Andi Sugiarto telah terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Jalan Karimunting RT 08 Dusun Karya Abadi Desa Tempurukan Kecamatan Muara Pawan, PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) Koramil 1203-12/Mhu melakukan koordinasi singkat dengan instansi terkait yang kemudian dengan cepat kebergerak kesasaran.
Dalam aksi tersebut telihat sinergitas yang tangguh antara TNI- Polri, Manggala Agni Daops Ketapang, BPBD Ketapang, Perangkat Desa Tempurukan dan IAR (International Animal Rescue) kab. Ketapang, Damkar PT. MPK (Mohairson Pawan Khatulistiwa) serta MPA (Masyarakat Peduli Api) melakukan pemadaman kebakaran lahan bergambut yang di tumbuhi Pakis dan semak belukar tersebut.
Danramil Matan Hilir Utara Kapten Inf Suparno yang memimpin langsung pemadaman api tersebut mengatakan” Alhamdulillah api dapat kita dipadamkan pada pukul 15.30, ini berkat kekompakan Tim dan warga, sehingga api dengan cepat kita padamkan,”ungkapnya.
Danramil menyampaikan bahwa kondisi hutan dan lahan dimusim kemarau saat ini sangat rentan dengan kebakaran sehingga perlu kehati-hatian dalam membakar sampah maupun membuang puntung rokok yang masih menyala.
Dandim 1203/Ktp Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta, S.H., M.Sc,yang juga turut meninjau kelokasi mengucapkan terimakasih kepada PRCPB Koramil Matan Hilir Utara serta Instansi terkait dan warga dalam upaya membantu pemadaman api dapat dilaksanakan dengan cepat, Karena dampak karhutla ini multi efek, terutama kesehatan dan merugikan banyak pihak.
“Mari kita sikapi kondisi musim kamarau ini lebih bijak, dengan tidak membakar sampah maupun membuang puntung rokok sembarangan, dan jangan membakar hutan untuk membuka lahan karena sanksi pidananya secara tegas diatur didalam Undang-Undang,” pungkasnya.
(Pendim 1203)

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Susuri kota Ale-Ale, Team Mobile Kodim 1203/Ktp, Selalu Berpatroli Bagikan Masker.

Ketapang – Kali ini Team Mobile Kodim 1203/Ktp berbagi masker dibeberapa tempat strategis seputaran kota …

Leave a Reply