Home / Teritorial / Sinergitas Tangguh Atasi Karhutla, Regu PRCPB Koramil Simpang Hilir, Kodim 1203/Ktp Bersama Stakeholder Lainya.

Sinergitas Tangguh Atasi Karhutla, Regu PRCPB Koramil Simpang Hilir, Kodim 1203/Ktp Bersama Stakeholder Lainya.

Kayong Utara – Babinsa Koramil 1203-11/Sph bersama Stakeholder lainya bergerak cepat dalam aksi pemadaman karhutla di wilayah binaanya, Desa Medan Jaya dan Desa Pemangkat Kec.simpang Hilir, kab. Kayong Utara, Selasa,(2/3/2021).
Hal ini disampaikan oleh Serda Hasanudin. saat dikonfirmasi, Ia mengatakan, Berawal dari laporan dari Babinsa setempat telah terjadi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaanya.
Usai melaksanakan Koordinasi singkat dengan instasi terkait regu PRCPB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana) Koramil 1203-11/Sph segera melakukan aksi pemadaman dengan cepat yang jauh dari pemukiman penduduk tersebut, Dengan alat seadanya kita berusaha api tidak meluas,”ungkapnya.
Dalam kegiatan tersebut juga telihat sinergitas yang tangguh antara TNI- Polri, Manggala Agni, BPBD,TNGP dan MPA (Masyarakat Peduli Api) Kec. Simpang Hilir, melakukan pemadaman kebakaran lahan bergambut yang di tumbuhi Pakis dan semak belukar tersebut,”jelas Serda Hasanudin.
“Alhamdulillah kita dengan cepat mengatasinya, namun kami tetap stanby dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa menyala kembali,”ujarnya.
Bhabin Kamtibmas Desa Pemangkat Brigadir Polisi Tomi, Lokasi titik api cukup berat, tidak bisa di lewati kendaraan, sehingga untuk membawa peralatan pemadaman terhambat, karena jauhnya lokasi tersebut, Selain itu kami agak susah menemukan sumber air,”tambah Brigadir Polisi Tomi.
Sementara itu Kepala Desa Pemangkat, Mujiman Ria Sanjaya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI Polri dan pihak terkait lainya, dimana dalam segala hal selalu menunjukan sinergitas yang tangguh, bukan hanya dalam mengatasi karhutla, semoga ini dapat berkelanjutan kedepanya,”ujar Pak Kades.
Di tempat terpisah, Dandim 1203/Ktp Letkol Kav. Suntara Wisnu Budi Hidayanta, S.H., M.Sc, melalui Danramil 1203-11/Sph, Peltu Nanang Kuswara mengapresiasi kekompakan tersebut, sehingga api dengan cepat kita padamkan untuk itu mari kita sikapi kondisi musim kamarau ini lebih bijak, dengan tidak membakar sampah maupun membuang puntung rokok sembarangan, dan jangan membakar hutan untuk membuka lahan karena sanksi pidananya secara tegas diatur didalam Undang-Undang,” pungkasnya.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Babinsa Sungai Kunyit Melakukan Pengawalan Pembagian BLT-DD

MEMPAWAH – Babinsa Koramil 1201-04/Sungai Kunyit, Kodim 1201/Mempawah, melakukan pengawalan dan pendampingan Penyaluran Bantuan Langsung …

Leave a Reply