Home / Teritorial / Desa Binaan Koramil Teluk Batang, Kodim 1203/Ktp Deklarasikan Open Defecation Free

Desa Binaan Koramil Teluk Batang, Kodim 1203/Ktp Deklarasikan Open Defecation Free

Kayong Utara – Dalam upaya mencapai sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat, Desa Telaga Arum, Kec. Seponti, Kab. Kayong Utara dideklarasikan sebagai Desa Open Defecation Free (ODF), Senin (12/4/2021).
Dalam Acara tersebut tampak hadir Wakil Bupati KKU H. Effendi Ahmad S.Pdi., Sekertaris Dinkes KB KKU,dengan didamping beberapa kepala dinas KKU, unsur Forkopimcam, Para Kades, tokoh masayarakat , dan tokoh agama Kec. Seponti, Kab. Kayong Utara.
Kita ketahui bersama bahwa,” Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.
Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta, SH, M.Sc. melalui Serma Ariyanto A. Kamumu Pj. Danramil 1203-15/Tl. Batang usai acara mengatakan,”Deklarasi ODF Desa Telaga Arum ini merupakan pernyataan desa yang telah bebas dari Perilaku Buang Air Besar di Sembarang Tempat, setelah memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya,”ungkapnya.
Menurutnya, Hal ini tidak akan tercapai bila kesadaran masyrakat belum diterapkan secara mandiri, Desa Telaga Arum telah membuktikan bahwa telah berhasil melaksanakan upaya penerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang mempunyai kesadaran yang tinggi dengan hasil 100% telah stop membuang air besar sembarangan”kata Pj. Danramil 1203-15/Tl. Batang.
“Dimasa pandemi Covid-19 saat ini tentunya kita harus slalu menjaga kesehatan dan kebersihan yaitu salah satunya adalah buang air besar sembarangan, saya berharap, momentum penerapan sanitasi total berbasis masyarakat ini terus berlanjut, selamat kepada Masyarakat Desa Telaga Arum Defecation Free (ODF),“tutupnya.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Kunjungi Anggotanya Sakit, Danramil Toho : Sudah Kewajiban Pimpinan

MEMPAWAH – Guna memberikan rasa empati dan perhatian kepada anggotanya, Komandan Koramil 1201-05/Toho, Kapten Czi …

Leave a Reply