Home / Berita Komando / Jemur badan salah satu upaya Prajurit Korem 121/Abw untuk tingkatkan imunitas tubuh.

Jemur badan salah satu upaya Prajurit Korem 121/Abw untuk tingkatkan imunitas tubuh.

Sintang, Ditengah Pandemi Covid-19 ini, kita harus selalu bisa menjaga kesehatan, memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara mencegah terjangkit virus Corona. Selain menjaga pola makan dan hidup bersih berjemur di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan imun tubuh, hal inilah yang dilakukan oleh para prajurit Korem 121/Abw di lapangan apel Korem 121/Abw jln Pangeran Kuning no 1 Sintang, Jum’at,16/7/2021.
Setiap hari setelah apel pagi semua prajurit melaksanakan senam pagi, atau olahraga sesuai jadwal, kemudian pada pkl 10.00 wib dilaksanakan berjemur selama kurang lebih 10 – 15 menit. Hal ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketahanan atau imun tubuh semua prajurit. Karena setiap prajurit dituntut harus sehat sehingga dapat menunjang tugas pokok yang diemban.
Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, S.A.P mengatakan,” semua prajurit wajib setiap pagi sebelum masuk staf harus diadakan olahraga atau senam pagi, kemudian baru ke staf masing-masing, kemudian pkl 10.00 wib semua harus berjemur di lapangan, selama 10 – 15 menit, ” ungkap Danrem.
Lebih lanjut kata Danrem, sinar matahari menjadi sumber vitamin D alami, sistem imun menjadi pertahanan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sementara itu jika tubuh kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri. Waktu yang tepat yaitu sekitar pkl 10.00 dan kulit harus terkena matahari langsung.
Karena hingga saat ini Corona belum ada obatnya, nah untuk menghindari virus tersebut maka kita harus menjaga kesehatan tubuh atau imun tubuh salah satunya dengan berjemur, walaupun kita sudah divaksin,” tegas Brigjen TNI Ronny.
Tak hanya berjemur tetapi juga pola makan, istirahat yang cukup atau teratur, dan mengkonsumsi vitamin C juga sangat penting, dan juga harus tetap melakukan protokol kesehatan yaitu 5M,” imbuhnya.
Menurut ahli gizi dr. Tan Shot Yen mengatakan sinar matahari pada pkl 10 pagi merupakan waktu yang tepat karena matahari pada jam tersebut akan memancarkan sinar ultraviolet B. Ketika ultraviolet B masuk ke tubuh akan membawa provitamin B3, Vitamin inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh manusia. Vitamin D3 juga memiliki fungsi antara lain mencegah kanker dan penyakit Autoimun. Jadi konsep awal bukan mematikan Covid-19, namun untuk meningkatkan imunitas tubuh manusia agar mampu melawan virus.
Ketika rutin berjemur matahari pagi, tubuh kita akan lebih banyak memproduksi sel darah putih yang juga berfungsi sebagai pelindung tubuh kita. Sel darah putih juga bekerja dalam melawan berbagai penyakit penyebab infeksi. Sehingga dengan rutin berjemur kekebalan tubuh akan meningkat.
#Penrem 121/Abw#

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Danrem 121/Abw terima korps raport pejabat Gol IV Korem 121/Abw.

Sintang. Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny,S. A.P,. M. M menerima korps raport pejabat Gol IV …

Leave a Reply