Gunakan LCR Kodim Sintang Dukung Pelayanan Puskesling Air

Redaksi Korem 121/abw

Sintang – Posko Siaga Banjir yang didirikan Kodim 1205/Sintang mulai bekerja sama dengan Puskesmas Tanjung Puri dan Stikes Kapuas Raya (Stikara) melakukan pelayanan kesehatan keliling jalur air yang mereka namai Puskesling Air. Kegiatan yang sudah berjalan 2 hari ini mulai menyasar wilayah terdampak banjir di Kecamatan Sintang, Sabtu (06/11/2021).
Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Puskesmas Tanjung Puri dan Kodim 1205/Sintang ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak banjir, baik di pengungsian maupun yang masih bertahan di kediamannya.
Kodim 1205/Sintang melalui Danramil 1205-07/Sintang menerangnkan, “saat ini kita fokuskan 2 unit perahu LCR untuk melakukan pelayanan kesehatan, kita mendukung pelayanan Petugas Kesehatan PKM Tanjung puri dan Stikara untuk menyisir pemukiman warga yang terdampak banjir yang mungkin masih berada di rumah,” jelasnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, puskesling air ini tidak hanya menyisir pemukiman, kita juga mendatangi posko pengungsian yang kemungkinan ada warga yang sakit.
“Kalau ada warga yang sakit, yang tidak termonitor oleh kami bisa sampaikan dimana lokasinya biar kita berikan pelayanan kesehatan, bahkan mungkin jika sudah menghawatirkan akan kita evakuasi,” jelas Danramil Sintang.
Selain itu, dr. Topan yang memimpin tim kesehatan dalam pelayanan tersebut menyampaikan, “puskesmas air keliling ini bertujuan untuk memberikan layanan bagi warga yang masih bertahan di rumahnya masing-masing, kami menyasar beberapa wilayah, termasuk tempat-tempat pengungsian, kita juga membantu evakuasi warga yang sakit,” ungkapnya.
“Dari perjalanan mulai dari kemarin, keluhan yang dialami warga bervariasi diantaranya diare, batuk pilek, hipertensi, gatal-gatal, deman dan sakit kepala, serta 1 orang yang terluka akibat pecahan kaca. Kita berharap air segera surut, dan warga yang terdampak banjir ini selalu diberikan kesehatan,” kata Topan kepada Staf Penerangan Kodim Sintang.

Artikel lainnya

Tinggalkan komentar