Manfaatkan Lahan Kosong, Sertu Sugiyanto Bersama Warga Karimunting Tanam Jahe di Sekitaran Pos Babinsa

Redaksi Korem 121/abw

 

Bengkayang, Jum’at (14/1/22) Guna meningkatkan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19, Babinsa Koramil 1202-03/Sungai Raya Sertu Sugiyanto bersama warga Karimunting memanfaatkan lahan kosong di Sekitaran Pos Babinsa untuk di tanamin Jahe, di Dsn. Teluk Suak Ds. Karimunting Kec. Sungai Raya Kepulauan Kab. Bengkayang.

Babinsa Koramil 1202-03/Sry Sertu Sugiyanto mengatakan Jenis Jahe yang ditanam adalah Jahe unggul dimana jenis ini sangat laris dipasaran dan sangat mudah untuk membudidayakan tanaman Jahe ini, ada beberapa tahapan dalam proses penanamannya yaitu perlakuan bibit jahe. Sebelum ditanam bibit, terlebih dahulu disemai sampai tumbuh tunas dengan ukuran lebih kurang 10 cm sampai 20 cm, tahap selanjutnya baru kita pindahkan ke media yang sudah disiapkan untuk penanaman. Perawatan tanaman jahe ini sangat mudah yaitu dengan penyiangan rumput, penggemburan tanah, dan pemupukan secara periodik, tuturnya.

Disampaikan Sertu Sugiyanto adanya lahan kosong di Pos Babinsa bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman Jahe dan bisa dimanfaatkan pula hasilnya oleh warga dari pada lahan tersebut menganggur, selain sebagai sarana kegiatan sampingan, secara tidak langsung juga sebagai kegiatan olahraga.

Sertu Sugiyanto, menyebutkan selain untuk memanfaatkan lahan kosong, tanaman Jahe juga sangat bermanfaat apabila diolah untuk meningkatkan imun maupun daya tahan tubuh ditengah penyebaran Covid-19.

Lanjutnya, “ini merupakan sebagai implementasi kemanunggalan TNI dan Rakyat, Babinsa bersama warga Karimunting bersinergi menjaga ketahanan pangan ditengah situasi pandemi Covid-19 saat sekarang ini, dan hasilnya nantipun akan kami bagikan kepada warga masyarakat Desa Karimunting”, tutup Babinsa.
(Pendim 1202/Skw)

Artikel lainnya

Tinggalkan komentar