Home / Teritorial / Jaga Dan Adat Budaya, Lestarikan Babinsa Koramil Sei Laur Hadiri Tradisi robo-robo

Jaga Dan Adat Budaya, Lestarikan Babinsa Koramil Sei Laur Hadiri Tradisi robo-robo

Ketapang – Tradisi robo-robo merupakan masyarakat suku melayu Laur pada bulan safar dan hari rabu dengan tradisi makan bersama di luar rumah yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya untuk menjaga tradisi adat budaya supaya tidak punah ditelan oleh zaman.
Pj. Danramil 1203-05/Sei Laur Peltu Achmad Kondori diwakili Serka Hamdan, Babinsa Riam Bunut, menghadiri kegiatan masyarakat tersebut guna mendukung pelestarian adat tradisi dan budaya masyakarat Desa binaanya yang berlokasi Di Desa Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Rabu (21/9/2022).
Suasana kegiatan yang biasa dilakukan pada hari Rabu terakhir dibulan safar dalam kalender Islam ini dilakukan secara serentak oleh masyarakat suku Melayu, terutama di Kecamatan Sungai laur yang biasanya diramaikan dengan berbagai macam perlombaan,”terang Babinsa.
Babinsa juga berharap agar kita semua dapat menjaga marwah dan terus melestarikan tradisi adat budaya ini dengan baik” ungkap Serka Hamdan.
Sementara itu, Sebagai Ketua MABM Sungai Laur, H. Mar’i memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada seluruh undangan dan para pengunjung yang datang menyaksikan kegiatan robo-robo.
“Saya sangat bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini, dan mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya kepada seluruh tamu undangan yang hadir, terutama jajaran Pemerintah dan segenap masyarakat Sungai Laur, atas dukunganya”, ujar H. Mar’i.
“Semoga kedepannya kegiatan seperti ini masih terus terlaksana dengan baik supaya anak cucu kita kelak dapat belajar dengan adat tradisi yang positif hingga dapat terhindar dari segala pengaruh negative,” pungkasnya.
Hadir dalam tradisi tradisi adat budaya robo-robo tersebut Kadis Pariwisata Kabupaten Ketapang, Unsur Forkopimcam Sungai Laur, Ketua MABM Sungai Laur, Ketua DAD Sungai Laur, Ketua POM Sungai Laur, Ketua Melayu Serumpun, Kades se Kecamatan Sungai Laur, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan tokoh masyarakat sungai laur.
(Pendim 1203)

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Wujud Apresiasi, Babinsa Koramil 19/Kelam Permai Ikut Rayakan Panen Raya

Sintang – Babinsa koramil 19/Kelam Permai sertu Muslik, menghadiri panen raya padi Varientas Inpari 36 …

Leave a Reply

Kolonel Inf Iwan Purbantoro