Home / Lintas Batas / Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia 19/105 Trk Bogani Laksanakan Pemeriksaan Kadar Hb dan Pembagian Tablet Tambah Darah Pada Remaja Putri Di SMPN 1 Batang Lupar.

Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia 19/105 Trk Bogani Laksanakan Pemeriksaan Kadar Hb dan Pembagian Tablet Tambah Darah Pada Remaja Putri Di SMPN 1 Batang Lupar.

KAPUAS HULU – Dalam rangka untuk mengetahui status anemia pada remaja putri di wilayah perbatasan, personel satgas pamtas Yonarmed 19/105 trk Bogani Pos Kapar Bekerja sama dengan Tim Nakes PKM Batang Lupar melaksanakan kegiatan pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb) dan pembagian tablet penambah darah kepada remaja putri di SMPN 1 Batang Lupar, Desa Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Selasa, 20 September 2022).
Dilansir dari laman WHO, anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya. Hal ini menyebabkan gejala seperti kelelahan, kelemahan, pusing, sesak napas, pucat, dan lain sebagainya. Sehingga akan berdampak terhadap proses belajar di sekolah dan juga penurunan prestasi.
Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. di Pos Kotis Badau, Kabupaten Kapuas Hulu pada Selasa (20/09/2022).
“Personel satgas Pos Kapar bekerja sama dengan Nakes PKM di Kecamatan Batang Lupar melaksanakan pemeriksaan pemeriksaan HB kepada siswi remaja putri di SMPN 1 Batang Lupar, kegiatan tersebut tentunya memiliki tujuan yaitu untuk memberikan penanganan sedini mungkin terhadap masalah kesehatan anemia gizi di masyarakat.” Ujar Dansatgas.
“Anemia pada remaja putri juga bisa berdampak dalam penurunan prestasi di sekolah, oleh sebab itu perlu adanya sosialisasi di sekolah-sekolah terhadap siswi remaja putri.” Tambahnya.
Sementara itu, ibu Mizra Novia, S.pd. (41) selaku kepala sekolah SMPN 1 Batang Lupar memberikan ucapan terima kasih kepada satgas dan nakes batang lupar yang sudah melaksanakan kegiatan pemeriksaan tersebut di sekolahnya.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI yang sudah berkolaborasi dengan nakes di Kecamatan Batang Lupar yang sudah melaksanakan kegiatan pemeriksaan kadar hemoglobin terhadap siswi remaja putri di sekolah kami.” Ucap Mirza.,
Kegiatan tersebut melibatkan personel satgas Pos Kapar yang dipimpin oleh Serda Ale Sandro dan 6 orang dari Tim Nakes PKM Batang Lupar serta diikuti oleh remaja putri dari kelas 7, 8 hingga kelas 9 SMPN 1 Batang Lupar.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Terima Kunjungan Kerja Tentera Diraja Malaysia.

KAPUAS HULU – Dalam rangka menjalin hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia, Dansatgas pamtas Ri-Malaysia …

Leave a Reply

Kolonel Inf Iwan Purbantoro