Satgas TMMD 115 Kodim 1202/Skw Gandeng Puskesmas Beri Penyuluhan Pola Hidup Sehat kepada Masyarakat

Redaksi Korem 121/abw

Singkawang – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 1202/Skw, melaksanakan penyuluhan tentang Germas(Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) di masa pendemi Covid-19, kepada ibu-ibu masyarakat Jl. Air merah, Kel.Pamilang Kecamatan Singkawang Selatan, kota Singkawang.
Kamis(13/10/2022).
Penyuluhan kegiatan itu menghadirkan pemberi materi dari Puskesmas Singkawang Selatan Ibu Ningsi Handayani,
Penyuluhan yang dilaksanakan di lokasi TMMD tersebut dihadiri oleh Pasi ter Kodim 1202/Skw, Lettu Inf Agustinus
Sebelumnya Pasi ter Kodim 1202/Skw dalam sambutannya mengatakan, penyuluhan yang dilaksanakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta selalu mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.
Saya meminta kepada seluruh masyarakat, agar kita sama-sama melawan Covid-19 yang masih belum bisa kita katakan hilang sepenuhnya dengan mematuhui protokol kesehatan agar dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus itu dan mengajak seluruh masyarakat yang belum di Vaksin agar melaksanakan Vaksin Karena Vaksin Aman dan Halal,” jelasnya.
Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.
Pemberi materi ibu Ningsi Handayani mengatakan, Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui, kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner.
Kepedulian terhadap pola hidup sehat masyarakat dibuktikan salah satunya dengan adanya program GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat oleh TNI kodim 1202/Skw di program TMMD ke 115 GERMAS,di desa Pangmilang ini merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.Pungkasnya.
Patut disayangkan saat ini banyak masyarakat yang belum memiliki kepedulian terhadap kesehatan,karena warga sendri kurang mengerti hidup sehat,oleh karna itu Tim satgas kodim 1202/Skw memberi penyuluhan kesehatan gratis kepada masyarakat.
Banyak masyarakat yang masih sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang mengonsumsi sayur dan buah-buahan hingga kurang melakukan aktivitas gerak fisik setiap hari nya yang kurang stabil,tutupnya.
(Pendim 1202/Skw).

Artikel lainnya

Tinggalkan komentar