Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Bersama BNPP dan Mabes TNI Survey Patok Batas Negara dan Sarpras Hankam.

Redaksi Korem 121/abw

 

KAPUAS HULU – Kegiatan survey atau mengidentifikasi Patok Batas Negara dan Sarpras Hankam tahun 2022 ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan yg sama yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021 yang lalu, yang dilaksanakan oleh BNPP bersama Mabes TNI yang hal ini diwakilkan oleh Sops Mabes TNI dan Kodam XII/TPR. Secara teknis, demi kelancaran kegiatan di lapangan didukung oleh Personil dari Satgas Pamtas Ri-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani. Kegiatan surve y tersebut dilaksanakan dalam waktu dua hari di pos-pos dan patok-patok perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Jumat, 14 Oktober 2022).

Hal tersebut disampaikan Dansatgtas Pamtas Ri-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jumat (14/10/2022).

“Satgas pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani memberikan dukungan secara teknis dilapangan dalam rangka membantu kelancaran kegiatan survey sarpras hankam serta patok-patok perbatasan yang dilaksanakan oleh BNPP dan Mabes TNI. Kita mengantarkan rombongan ke pos-pos serta menuju ke patok perbatasan yang akan disurvey.” Ujar Dansatgas.

“Kegiatan survey yang dilaksanakan di jajaran SSK II, Kabupaten Kapuas Hulu dilaksanakan selama 2 hari mulai dari hari Kamis (13/10/2022) hingga hari Jumat (14/10/2022).” Tambahnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di wilayah jajaran SSK II dengan mendatangi 7 pos satgas. Maksud dari kegiatan survey atau identifikasi tersebut adalah untuk mengetahui kondisi secara nyata pilar atau patok batas negara dan sarpras pendukung fungsi hankam di perbatasan, khususnya pos pamtas dan perangkat pendukungnya seperti kendaraan roda dua dan roda empat, alat komunikasi, jalur inspeksi patroli perbatasan (JIPP), jalur administrasi (JA), Helipad, air strip, dan menara BTS.

Hasil survey atau identifikasi tersebut nantinya akan dijadikan bahan perumusan rekomendasi kebijakan dan program oleh BNPP kepada Bapak Menhan dan Bapak Panglima TNI, sekaligus sbg bahan koordinasi program dan kegiatan dgn K/L terkait lain, seperti Kemen PPN/Bappenas, Kemen PUPR, Kemenhub, Kemen Kominfo, Pemprov, dan Pemkab.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat, Andi Nurdiansyah beserta 3 staf dari BNPP, Pabandya Ops Mabes TNI Letkol Inf Riandi, Pabanda Siapsat Sopsdam XII/Tpr Mayor Inf Reymond, Kasilahdatatop Topdam XII/Tpr Mayor Ctp Yudi Prayitno, Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. beserta Perwira staf Kotis Serta Komandan SSK II Lettu Arm Yudhanto beserta jajaran personel pos SSK II.

Artikel lainnya

Tinggalkan komentar