Home / Berita Komando / DANKOLAKOPS REM 121/ABW DIWAKILI OLEH KASIOPS KOLAKOPS REM 121/ABW MELAKSANAKAN UPACARA PEMBUKAAN PATKOR SERI 2 TNI AD DENGAN TDM DI POS GABMA LUBOK ANTU

DANKOLAKOPS REM 121/ABW DIWAKILI OLEH KASIOPS KOLAKOPS REM 121/ABW MELAKSANAKAN UPACARA PEMBUKAAN PATKOR SERI 2 TNI AD DENGAN TDM DI POS GABMA LUBOK ANTU

Lubok Antu, Kaisops Kolakops Rem 121/Abw Kolonel Inf Iwan Purbantoro mewakili Dankolakops Rem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko melaksanakan upacara pembukaan Patkor (Patroli Terkoordinasi) Seri 2 Tahun 2022 di Pos Gabma Lubok, Sarawak, Malaysia, Kamis (24/11/2022).

Dankolakops Rem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko dalam hal ini diwakili oleh Kasiops Kolakops Rem 121/Abw Kolonel Inf Iwan Purbantoro menyampaikan bahwa kegiatan patroli terkoordinasi ini merupakan hasil dari salah satu pointers pelaksanaan Unit Commander Meeting (UCM) antara TNI AD dan TDM. Pelaksanaan tugas pengamanan perbatasan yang telah dilaksanakan saat ini merupakan operasi terintegrasi antara TNI dan TDM yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama dan kegiatan bersama yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi, koordinasi, dan menghindari terjadinya kesalahfahaman ataupun mencegah terjadinya provokasi yang dapat merugikan antara kedua institusi pelaksana operasi pengaman perbatasan darat RI-Malaysia.

“Bentuk kerjasama yang telah dilaksanakan antara pasukan kedua negara yang tengah melaksanakan operasi pengamanan perbatasan telah diwujudkan dalam bentuk kegiatan patroli terkoordinasi, kegiatan karya bakti/jiwa murni, olahraga/sukan dan kunjungan kerja dari Indonesia yang diwakili Kolakops Korem 121/Alambhana Wanawai dan dari Malaysia diwakili oleh Panglima 3 Briged (TDM), ”

Dalam pelaksanaan Patkor kali ini dilaksanakan oleh Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/Bogani dari TNI AD dengan Pasukan 13 RAMD TDM, yang nantinya pelaksanaan Patkor ini dilaksanakan selama kurang lebih 7 hari dari tanggal 24 November s.d 1 Desember 2022.

Ketua Staf 3 Briged (TDM) Ltkol Ameruddin Bin Hj Razali pada saat membacakan amanat Panglima 3 Briged TDM mengatakan aktiviti Patkor merupakan aktiviti susulan yang dirangka untuk meningkatkan lagi komunikasi dan koordinasi serta menghindarkan terjadinya salah paham maupun provokasi antara pasukan dari kedua negara yang sedang melaksanakan tugas diperbatasan Sarawak dan Kalimantan Barat, selain itu aktiviti ini juga dilaksanakan bagi membanteras pendatang tanpa izin, penyelundupan haram, pembalakan haram dan aktiviti-aktiviti jenayah yang boleh memudaratkan keselamatan dan keamanan negara Malaysia dan Indonesia dengan pelaksanaan rondaan bersama Tentara darat Malaysia dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat disepanjang perimiter batu sempadan bermula dari Lubok Antu Sarawak sehingga ke Nanga Badau, Kalbar, Indonesia.

“Saya percaya sepanjang pelaksanaan Patkor ini akan memberikan satu pengalaman yang baru diantara kedua-dua Tentara dari peringkat staf formasi hinggalah ke tahap anggota di pasukan yang terlibat. saya amat berharap agar aktiviti seumpama ini akan diteruskan lagi pada masa akan datang dan akan dapat menambahkan pengoperasian sempadan di samping mengukuhkan jalinan kerjasama yang erat antara tentara darat Malaysia dan tentara nasional Indonesia angkatan darat yang telah sedia wujud”.

Pada kesempatan yang sama, Kasiops Kolakops Rem 121/Abw mengatakan, kegiatan patroli terkoordinasi ini untuk mengetahui batas-batas wilayah.
“Dengan adanya patroli batas negara, juga merupakan sarana untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan profesionalisme prajurit sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan jalinan persahabatan antar satuan kedua negara, ” ungkapnya.

Kasiops Kolakops Rem 121/Abw berharap, Patkor ini dapat mencegah kerawanan terjadinya kegiatan illegal logging, illegal mining, human traficking, pelintas batas ilegal dan peredaran narkoba, yang kerap memanfaatkan celah yang ada di wilayah perbatasan kedua negara serta berbagai dampak lainya yang timbul di perbatasan yang mungkin dilakukan oleh oknum-oknum masyarakat kedua negara.

Dankolakops Rem 121/Abw melalui Kasiops Kolakops Rem 121/Abw mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah turut serta memberikan dukungan serta bantuannya sehingga patroli bersama di perbatasan ini dapat dilaksanakan dengan baik.
“Saya menekankan agar patroli dilaksanakan dengan sungguh-sungguh serta tetap memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan baik personel maupun materiel,” ujar Kasiops.

Upacara Pembukaan Patkor tersebut dihadiri oleh, Kasi Intel KOREM 121/Abw Kolonel Inf Jonson Sitorus, Kasi OPS KOREM 121/Abw Kolenel Iwan Purbantoro, Ketua Staf 3 Briged Ltkol Ameruddin Bin Hj Razali, Dansatgas Pamtas Yonarmed 19-105/ Trk Bogani Letkol Arm Edy Yulian Budiargo S.Sos, Kasdim 1206/Pan Mayor Inf Supriyono, Komandan TDM Pos Lubuk Antu Kapten Amirudin, Bpk. Laurance (Perwakilan Imigresen Malaysia), Ibu Sri Herlina (Polis Lubuk Antu) dan Bpk. Viktor ( Polis Lubuk Antu)

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Bersama Yon 13 RAMD TDM, Laksanakan Upacara Penutupan Patroli Koordinasi Seri 2/2022.

  KAPUAS HULU – Dankolakopsrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam …

Leave a Reply

Kolonel Inf Iwan Purbantoro