Home / Teritorial / Pelihara Kemampuan Menembak, Kodim 1208/Sambas Gelar Latbakjatri TW-1.

Pelihara Kemampuan Menembak, Kodim 1208/Sambas Gelar Latbakjatri TW-1.

Sambas – Komado Distrik Militer ( Kodim ) 1208/Sambas menggelar Bimbingan Latihan Bidang Operasi yaitu Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan I tahun 2023 di Lapangan Tembak DARMAWANGSA yang berlokasi di Desa Lubuk Dagang, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kamis (16/03/2023).
Komandan Kodim 1208/Sambas melalui Pasi Ops, Kapten Arm Herlin Dinata menyampaikan bahwa, kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit TNI, sehingga perlu adanya latihan secara rutin, terarah, bertingkat dan berlanjut. Dengan demikian, kemampuan menembak prajurit Kodim 1208/Sambas tetap terasah dan tetap menjadi prajurit yang profesional. Dengan tidak melupakan faktor keamanan yang menjadi kunci utama dalam latihan.
“Latihan ini merupakan salah satu upaya menjaga profesionalisme prajurit dalam hal menembak. Tentunya dengan selalu memperhatikan faktor keamanan selama latihan. Karena sebaik apapun latihan yang dilaksanakan, jika ada yang cidera atau terjadi kecelakaan latihan, maka dikatakan latihan tersebut gagal, begitu juga sebaliknya,” Ungkap Pasi Ops.
Lebih lanjut, pihaknya selaku penyelenggara Latbakjatri terus memberikan arahan dan penekanan kepada seluruh peserta latihan, agar bersikap disiplin dengan mematuhi segala instruksi dari petugas yang sudah ditunjuk oleh Koordinator. Selain itu juga harus selalu mematuhi segala mekanisme latihan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
“Memang kita selalu tekankan kepada peserta latihan untuk selalu memperhatikan faktor keamanan dengan mengikuti intruksi yang ada. Jangan anggap remeh, karna ini senjata sungguhan. Salah sedikit bisa fatal akibatnya,” sambungnya.
Dijelaskannya, sebelum latihan dimulai, para peserta kembali diingatkan dengan pelajaran teori dasar menembak yang disampaikan Lettu Inf Mistari, selaku koordinator materi menembak senapan, dan Kapten Inf Sigit Edi S, selaku koordinator materi menembak pistol. Hal ini untuk menyegarkan kembali hal mendasar dari teknik menembak yang benar.
“Latihan menembak senjata ringan ini terdiri dari latihan menembak senapan dan menembak pistol yang di dalamnya prajurit dituntut mampu mencapai nilai yang sudah ditentukan,” pungkasnya.
Latihan kali ini direncanakan berlangsung selama dua hari, dengan diikuti seluruh prajurit, baik Perwira, Bintara maupun Tamtama. Dengan tujuan, agar seluruh prajurit Kodim 1208/Sambas bisa bergantian mengikuti latihan.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Cegah Banjir, Inilah Upaya Kodim 1202/Skw Dalam Penanggulangan Bencana Banjir di Kota Singkawang.

Singkawang – kodim 1202/Skw bersama anggota koramil 01/Skb dan 02/Sks melakukan pembersihan saluran drainase atau …

Leave a Reply