Babinsa Koramil 1205-19/Kelam Permai Hadiri Kegiatan Verifikasi Desa ODF

Redaksi Korem 121/abw

Sintang – Babinsa Koramil 1205-19/Kelam Permai Serda Suharmono menghadiri kegiatan Verifikasi Desa ODF (Open Defecation Free). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Baning Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang.Senin,(20/11/2023)Kemarin.
Kegiatan verifikasi ODF adalah proses memastikan status Open Defecation Free (ODF) suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan, prilaku ini termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat karena menyebarluaskan kontaminasi lingkungan, tanah, udara, dan air.
Pada Kegiatan yang berlangsung di Desa Baning Panjang ini juga dilaksanakan Verifikasi tiga pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diantaranya, Pilar 1 Stop Babs, Pilar 2 Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Pilar 3 (PAM RT) Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga.
Serda Suharmono Babinsa Kelam Permai dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut bagian dari tugasnya selaku aparat kewilayahan dalam melakukan monitoring wilayah, yang tetap bersinergi dengan aparat kewilayahan lainnya di desa binaan.
“tujuan dari kegiatan ini adalah memantau masyarakat secara langsung terkait perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan, dengan harapan mampu meningkatkan kualitas sanitasi,” kata Suharmono.

Artikel lainnya

Tinggalkan komentar