Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana Alam, Kodim Sintang Gelar Apel Siaga Banjir

Redaksi Korem 121/abw

Sintang – Sebagai upaya antisipasi persiapan dan kewaspadaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana banjir, Kodim 1205/Sintang bersama instansi terkait menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Makodim Sintang, Rabu (27/12/2023).
Apel siaga antisipasi bencana alam ini di ikuti oleh personel dari Korem 121/ABW, Kodim 1205/ Sintang, Batalyon Infanteri 642/Kps, Polres Sintang, Satpol PP Kabupaten Sintang, Basarnas Kabupaten Sintang, Damkar Sintang, serta BPBD Kabupaten Sintang.
Dalam sambutannya Pasipers Kodim Sintang Lettu Inf Witono saat membacakan sambutan Komandan Kodim 1205/Sintang menyampaikan salah satu tugas yang tercantum dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2024 tentang TNI dan doktrin TNI Angkatan Darat yaitu melaksanakan operasi militer selain perang yang disebut OMSP diantaranya membantu penanggulangan bencana alam pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.
Saat ini kita telah memasuki musim penghujan, sesuai dengan arahan Panglima TNI dan Kasad untuk meminimalisir dampak yang terjadi akibat bencana alam salah satunya bencana banjir, hal itu tentunya menuntut kita untuk lebih siap dan siaga dalam upaya mengantisipasi jika terjadi banjir agar kejadian yang pernah terjadi pada tahun 2021 di wilayah tanggung jawab kita yaitu Kodim 1205/Sintang bisa diantisipasi dari jauh hari.
“Kegiatan apel gelar kesiapan siaga ini untuk memastikan kesiapan personil maupun peralatan yang akan digunakan bukan hanya sebagai kegiatan seremoni saja namun menjadi momentum untuk meningkatkan koordinasi antara kementerian lembaga maupun dinas di daerah untuk mengantisipasi potensi bencana alam khususnya banjir,” kata Witono.
Lebih lanjut ia mengajak, mari kita bersama menyatukan pikiran dan tindakan untuk sama-sama bersatu padu untuk memastikan kesiapan personil dan materil sebelum terjadinya bencana di wilayah kita,” pungkasnya.

Also Read

Tags

Tinggalkan komentar