Home / Teritorial / Koramil 04/Kembayan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dan Praktek Pembuatan Cuka Kayu

Koramil 04/Kembayan Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dan Praktek Pembuatan Cuka Kayu

Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus berjuang untuk melakukan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Selain bertugas mengendalikan karhutla, personil TNI juga turut aktif dalam upaya mencegah pandemi COVID-19.

Bertempat di Aula Kantor Desa Sejuah Kecamatan Kembayan Kab. Sanggau, Koramil 04/Kembayan bersama Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Kab. Sanggau menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan melalui program langit biru dan praktek pembuatan Cuka Kayu.

Danramil 04/Kembayan Kapten Inf Warsidi menyampaikan bahwa program “Langit Biru” yang dicanangkan oleh Kodam XII/Tanjungpura bertujuan untuk mencegah terjadinya Karhutla di wilayah Kalimantan barat pada umunya dan Kab. Sanggau khususnya, untuk itu kami disini mensosialisasikan kepada masyarakat tentang dampak dari pembakaran hutan dan lahan serta mencari solusi agar warga bisa membuka lahan tanpa bakar.

Setelah kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan praktek pembuatan Cuka Kayu dengan sarana dari tong besi yang sudah dirakit dan menggunakan bahan dari sisa-sisa kayu bekas bisa diperoleh Cuka yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Tambahnya’

“Diharapkan Masyarakat dapat mempraktekan kembali dan mensosialisasikan secara menyeluruh kepada masyarakat lainnya tentang cara membuat cuka kayu yang kegunaannya untuk menjadikan pupuk tanaman. “Masyarakat dapat memanfaatkan sisa kayu saat mereka membuka lahan untuk dibuat cuka sehingga diharapkan mereka tidak lagi membakar lahan lagi,” tutup Danramil”

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

SATGAS TMMD KE-108 AKAN TERANGI DESA BERINGIN RAYO DENGAN 9 UNIT PJU SOLAR CELL

Ketapang, Sabtu (4/7/20)- Salah satu sasaran fisik TMMD Reguler Ke-108 TA.2020 Kodim 1203/Ketapang adalah pembangunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *