Home / Lintas Batas / Antisipasi Covid-19, Koramil Entikong Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap PMI

Antisipasi Covid-19, Koramil Entikong Jalankan Protokol Kesehatan Terhadap PMI

Sanggau, Kamis (19/11/20) – Pengawasan terhadap para Pekerja Imigran Indonesia (PMI) yang akan kembali ke kampung halamannya melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat terus dilakukan oleh Koramil 1204-21/Entikong. Ini dilakukan mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19.
Pengawasan dilakukan Koramil 21/Entikong bersama dengan Karantina Kesehatan Pelabuhan Entikong, Imigrasi Entikong, P4TKI Entikong dan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps. Pengawasan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada para PMI.
Danramil 21/Entikong, Mayor Inf Arman, S., mengatakan, sesuai dengan kebijakan pemerintah bahwa setiap orang yang masuk ke Indonesia wajib mengikuti prosedur kekarantinaan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan tambahan yang berlaku di Indonesia.
“Untuk itu, mulai kedatangan kita sudah terapkan protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, penyemprotan disinfektan kepada orang berikut barang bawaan dan pengecekan suhu tubuh,” kata Danramil.
Selanjutnya kata Danramil 21/Entikong para PMI dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Karantina Kesehatan Pelabuhan Entikong. Para PMI discrening melalui rapid test.
Mayor Inf Arman, S., mengatakan, untuk kemarin, sebanyak 79 PMI yang masuk ke wilayah Indonesia seluruhnya dinyatakan aman. Dan bisa melanjutkan perjalanan sesuai dengan tujuan daerah masing – masing.
“Dari hasil rapid test seluruhnya dinyatakan non reaktif. Namun kepada mereka kita menghimbau untuk melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari, menerapkan phyisical distancing, memakai masker dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” pungkas Mayor Inf Arman, S. (Pendam XII/Tpr).

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Beri Pemahaman Tentang Bahaya Kepemilikan Senjata Api Ilegal, Satgas Yonif 642 Kapuas Kembali Terima 1 Pucuk Senjata dari Warga.

Sanggau, Kalbar – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia Malaysia (Satgas Pamtas RI-MLY) Yonif 642/Kps kembali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *