Home / Lintas Batas / Warga Desa Muakan Serahkan Senjata Kepada Satgas Pamtas Yonif 407/PK

Warga Desa Muakan Serahkan Senjata Kepada Satgas Pamtas Yonif 407/PK

Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK dalam menjaga kedaulatan NKRI khususnya mengamankan perbatasan RI – Malaysia dalam komunikasi sosialnya kembali menerima barang ilegal dari warga masyarakat Desa Muakan Petinggi, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalbar.
Penyerahan barang ilegal tersebut tepatnya di Pos Muakan dipimpin Danpos Muakan Serka Hidayah Purwo Saputro berupa 1 pucuk senjata laras panjang jenis Penabur beserta 1 butir munisi dari dari Saudara Ali (36) yang merupakan masyarakat Desa Muakan Petinggi, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang. Kamis (28/01/2021)
Keberhasilan penggalangan kepada masyarakat tak lepas dari peran Danpos Muakan yang selalu menekankan kepada anggotanya untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.
Adapun masyarakat yang menyerahkan barang tersebut karena kesadarannya sendiri setelah dilakukan penggalangan oleh anggota Pos Muakan dengan cara memberikan sosialisasi tentang larangan kepemilikan senjata api tanpa izin.
Selain memberikan sosialisasi, anggota satgas juga kerap membantu warga yang membutuhkan bantuan.
Hal ini rutin dilakukan prajurit satgas supaya semua masyarakat menyadari tentang tugas Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK adalah untuk mengamankan perbatasan darat RI-Malaysia terutama dari masuknya senjata api ilegal yang bisa menimbulkan konflik dan mengakibatkan adanya korban.
Kesabaran anggota Satgas dengan proses waktu yang lama akhirnya menyadarkan masyarakat dengan sendirinya sehingga dengan sukarela mereka menyerahkan barang ilegal kepada Pos Muakan yang merupakan jajaran Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK.
Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan menyampaikan terimakasihnya kepada masyarakat yang telah sukarela menyerahkan senjata api rakitan beserta amunisi kepada anggota Satgas.
“Saya berharapan perbuatan tersebut dapat dijadikan contoh bagi warga lainnya yang masih memiliki barang ilegal untuk menyerahkan kepada aparat yang berwenang demi menciptakan suasana tertib dan aman di Kabupaten Sintang, dan khususnya di Desa Muakan Petinggi,” harapnya.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

*111 BOTOL MIRAS DIJALUR NON-PROSEDURAL DITEMUKAN SATGAS PAMTAS YONIF 144/JY*

Personil Satgas Pamtas Yonif 144/JY mengamankan 111 botol miras illegal jenis benson dan bir jenis …

Leave a Reply