Home / Teritorial / Rawan Karhutla, Satgas PRCPB Koramil 1203-03/Kdw Lakukan Patroli Titik Api.

Rawan Karhutla, Satgas PRCPB Koramil 1203-03/Kdw Lakukan Patroli Titik Api.

Ketapang- Untuk mengantisipasi adanya Karhutla diwilayah, Satgas PRCPB Koramil 1203-03/Kdw melaksanakan patroli pengecekan titik api/ hotspot di Desa Seriam, Kec. Kendawangan, Kab.Ketapang, Rabu (17/2/20).
Kapten Inf Anggoro Nurcholik Rusyianto, S.S.T.Han., S.I.P, Danramil 1203-03/Kdw mengatakan patroli itu merupakan salah satu langkah mengantisipasi Karhutla. Untuk itu Satgas PRCPB ( Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana ) rutin melaksanakan Patroli dikarenakan Kecamatan Kendawangan termasuk rawan Karhutla,”ungkapnya.
Selain itu diharapkan, masyarakat Kendawangan agar dapat berperan untuk mencegah sejak dini karhutla. Tentunya kita ketahui bersama bahwa sanksi hukum bagi pelaku pembakar hutan dan lahan. Untuk itu saya himbau masyarakat untuk bisa bekerjasama terhadap permasalahan Karhutla karena dampaknya merugikan banyak pihak,” tegas Danramil.
“Kami juga mensosialisasikan kepada warga terutama yang memiliki lahan kebun maupun persawahan, harus berhati-hati di musim kemarau karena rawan karhutla,” kata Danramil 1203-03/Kdw.
Sementara itu setelah melakukan Koordinasi singkat, Satgas PRCPB Koramil 1203-03/Kdw yang dipimpin Serka Tugino tersebut langsung melaksaksakan Patroli Groundcheck Hotspot ke desa Seriam berjarak 40 Km dengan sudut kompas 110° yang di tempuh ± 2 Jam menggunakan Sepeda motor, sampan dan jalan kaki.
Serka Tugino menyebutkan,” Rute Patroli yang di lalui merupakan areal kawasan cagar alam yang ditumbuhi vegetasi rumput, ilalang, pakis, dan semak belukar,” sebutnya.
Ia menambahkan,” rute tersebut rawan akan timbulnya Karhutla dikarenakan lahan bermineral yang mengandung tanah bauksit dan biji besi sehingga apabila panas terik dapat memantulkan panas.

About Redaksi Korem 121/abw

Check Also

Susuri kota Ale-Ale, Team Mobile Kodim 1203/Ktp, Selalu Berpatroli Bagikan Masker.

Ketapang – Kali ini Team Mobile Kodim 1203/Ktp berbagi masker dibeberapa tempat strategis seputaran kota …

Leave a Reply