Kasiter Kasrem 121/ABW Hadiri Kegiatan Audiensi Wantannas RI Dengan Pemda Kabupaten Sintang

Penrem 121 ABW

Sintang, Kasiter Kasrem 121/Abw Kolonel Inf Mordechai Triyandono, S.I.P., menghadiri kegiatan kunjungan Wantannas RI Brigjen Pol Yulias, S. Ik. di Kabupaten Sintang dalam rangka Audensi Hal Pengumpulan Data, bertempat di Pendopo Bupati Sintang, Kalimantan Barat, Selasa (11/06/2024).

Sambutan Sesjen Wantannas yang dibacakan oleh Brigjen Pol Yulias, S. Ik., mengatakan, Kunjungan Tim Sesjen Wantannas kali ini merupakan kegiatan kunjungan kerja guna pengumpulan data dalam rangka penyusunan rancangan kebijakan dengan tema “akselerasi hilirisasi usaha pertambangan mineral guna memperkuat pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dalam rangka ketahanan nasional”. Tema ini dipilih berdasarkan pentingnya sektor pertambangan mineral dalam perekonomian indonesia.

“Hilirisasi pertambangan mineral bukan hanya meningkatkan nilai tambah produk mineral tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan ketahanan nasional”.

Upaya akselerasi hilirisasi usaha pertambangan mineral di Indonesia tidak terlepas dari berbagai tantangan yang sering muncul antara lain.

“Kurangnya investasi dan teknologi dalam pengolahan dan pemurnian mineral di dalam negeri menyebabkan indonesia lebih banyak mengekspor bahan mentah dengan nilai jual yang lebih rendah”.

Sementara itu Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med., Ph pada saat audiensi mengatakan, Di Kab. Sintang khususnya daerah Tempunak dan Kenyau terdapat pengelolaan sumber daya berupa Zirkon dan kami tidak menyetujui adanya kegiatan tambang ini karena kami tidak mau merusak hutan tetapi ingin menjaga hutan agar lingkungan kita menjadi lestari.

Usai Audiensi, Tim Wantannas RI dan rombongan bergerak menuju ke daerah Lengkenat untuk melaksanakan pengecekan pabrik Zirkon.

Also Read

Tags

Tinggalkan komentar